Berita

Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah

JAKARTA - Presiden Joko Widodo sore ini, Senin (13/6) mengumumkan pembatalan sebanyak 3143 Peraturan Daerah (Perda) yang dianggap bermasalah.

Saya sampaikan Menteri Dalam Negeri sesuai kewenangannya telah dibatalkan 3143 Perda yang bermasalah, ujar Presiden saat menggelar jumpa pers di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Presiden menilai bahwa sebanyak 3143 Perda yang bermasalah tersebut menghambat kecepatan dalam menghadapi kompetisi meningkatkan investasi.

Selain itu, Jokowi mengatakan ribuan Perda yang dibatalkan tersebut menghambat semangat kebhinekaan dan persatuan dalam berbangsa dan bernegara.

Ribuan Perda yang dianggap bermasalah tersebut yaitu Perda yang menghambat pertumbuhan ekonomi daerah, Perda yang memperpanjang jalur birokrasi, yang menghambat proses perizinan, menghambat kemudahan berusaha dan bertentangan dengan Peraturan Perundang-undangan yang lebih tinggi.

Pembatalan (Perda) ini untuk menjadikan Indonesia Bangsa besar, toleran dan memiliki daya saing,ucap Jokowi.

Saat menggelar jumpa pers, Presiden Jokowi didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Kepala Staf Presiden Teten Masduki.

Sumber : Puspen Kemendagri